Testosteron Kemungkinan Bisa Sembuhkan Asma?

Testosteron tak cuma berguna untuk mengubah lemak menjadi otot dan juga membuat badan kuat. Tapi, hormon laki-laki 1 ini pun juga melindungi kaum Adam dari suatu timbulnya asma, berdasarkan sebuah study baru yang di terbitkan dalam Journal of Experimentals Medicine pada tanggal 8 Mei 2017.

Faktanya testosteron bertanggung jawab terhadap suatu sel imun tertentu yang dapat mengaktifkan asma alergi menjadi tak aktif.

Study ini di lakukan sesudah serangan badai asma atau thunderstorm asthma attack di kota Melbourne, Australia. Akibat peristiwa yang terjadi pada bulan November 2016, hampir 10.000 rakyat di sana mengunjungi rumah sakit akibat tanda-tanda alergi asma selama 2 hari. Alergi terjadi dipicu adanya sebuah kelebihan serbuk sari.

Untuk meneliti suatu serangan asma yang terjadi, ada para peneliti yang menyelidiki sistem kekebalan badan tikus. Mereka pun menemukan, sel limfoid bawaan, yang pun juga disebut ILC2s, di duga memicu tanda-tanda asma berhenti berproduksi ketika di masukkan testosteron.

“Testosteron langsung bekerja pada ILC2s dengan menahan proliferasi–fase sel ketika mengalami pengulangan siklus sel–sel itu. Pada laki-laki, Kamu mempunyai lebih sedikit ILC2 di organ paru-paru. Ini berkaitan langsung dengan suatu penurunan tingkat keparahan asma,” terang peneliti Cyril Seillet dari Walter and Eliza Hall Institute di kota Melbourne, dilansir dari Men’s Fitness, Hari rabu (10/5/2017).

Penelitian menemukan testosteron bisa memengaruhi alergi asma, hingga dapat menjadi cara baru yang cukup potensial untuk mengobati asma.

Temuan itu berarti, terapi di masa depan bisa jadi melibatkan sel hormonal kekebalan ini untuk dapat mengobati ataupun menahan asma. Penyakit lain, seperti kanker payudara telah diobati memanfaatkan cara hormonal serupa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*